5 Kemudahan Proses Rekrutmen Menggunakan Job Portal
5 Kemudahan Proses Rekrutmen Menggunakan Job Portal

19 Aug 2024 09:17 80 Share

Job portal atau situs pencarian kerja merupakan salah satu cara rekrutmen yang sangat populer dan banyak digunakan oleh perusahaan untuk mencari karyawan baru. Selain kemudahan dan fleksibilitas, situs ini juga membantu meningkatkan efisiensi proses rekrutmen. Sistem paperless berbasis cloud yang ringkas, dan cepat. Berikut kemudahan yang dirasakan pihak perusahaan.

Baca juga: Ketahui Teknik dan Metode Rekrutmen Karyawan

1. Hemat Waktu dan Tenaga

Proses rekrutmen membutuhkan proses yang cukup panjang. Jika seluruh proses dilakukan dengan mandiri, akan ada beberapa tahap mulai dari menanyakan kebutuhan di departemen terkait, memasang iklan pekerjaan, meninjau CV secara manual, hingga menyaring talenta. 

Sementara itu, dengan menggunakan layanan job portal, proses akan menjadi lebih efisien dan bisa menjangkau talenta yang berkualitas. Perusahaan cukup memasukkan data job description dan ketentuan lainnya kemudian sistem dalam job portal akan membantu Anda mulai dari penyaringan sampai klasifikasi tahapan rekrutmen.

2. Proses Serba Otomatis

Sistem akan secara otomatis memperbarui data pelamar yang telah Anda update seperti untuk status lamaran. Job portal juga memungkinkan pelacakan kandidat yang sesuai dengan lowongan Anda atau pengecekan CV berbasis ATS. Selain itu, otomatisasi tersebut akan memfasilitasi manajemen aplikasi sehingga mencegah human error. Anda juga dapat menggunakan teknologi penyaringan kecerdasan buatan (AI) untuk membuat proses seleksi berkas yang lebih efisien.

3. Hemat Biaya

Portal pekerjaan memungkinkan Anda untuk mengurangi biaya perekrutan. Beberapa diantaranya bahkan memberikan layanan gratis. Salah satunya adalah Rekrutiva, layanan platform kerja yang gratis namun juga menyediakan berbagai fitur unggulan dan otomatisasi proses rekrutmen. Perusahaan bisa mem-posting pekerjaan tanpa batas dan akan sangat menghemat biaya. 

4. Jangkauan Luas

Sistem akan memungkinkan pencari kerja dari berbagai daerah di Indonesia dengan mudah mengakses lowongan Anda. Artinya, peluang perusahaan untuk mendapatkan kandidat terbaik juga lebih tinggi. Baik untuk penempatan di luar kota dan dalam kota, Anda bisa lebih leluasa menemukan kandidat yang berkualitas karena cakupan job portal tidak terbatas.

5. Meningkatkan Branding Perusahaan

Posting lowongan di job portal bisa membuat para talenta memandang bahwa perusahaan Anda mengikuti perkembangan zaman. Deskripsi pekerjaan, budaya perusahaan, dan data lainnya yang ditunjukkan di dalam job portal bisa Anda bentuk dengan menarik. Ini akan menciptakan branding tersendiri bagi perusahaan dan memungkinkan perusahaan menemukan karyawan yang memiliki minat kerja serupa.

Job portal tetap memungkinkan Anda untuk mengontrol penuh proses rekrutmen dan pemilihan kandidat. Di masa digital seperti sekarang, memanfaatkan kehadiran sistem dan proses online adalah kunci kemajuan perusahaan. Dengan banyaknya keuntungan yang diperoleh, perusahaan bisa beralih ke penggunaan situs pekerjaan agar lebih hemat dan efisien.