Ketahui Fungsi Dan Tips Melakukan Performance Review
Ketahui Fungsi Dan Tips Melakukan Performance Review

22 Jul 2024 09:25 77 Share

Selain mengevaluasi hasil kerja, perusahaan biasanya juga melakukan penilaian kinerja atau performance review setiap karyawan. Kegiatan ini dilakukan dan diagendakan sebagai pertemuan tahunan untuk meninjau kinerja karyawan dan hasil kerja karyawan selama selama setahun terakhir. Lalu, sebenarnya apa manfaat dan bagaimana cara melakukannya dengan optimal?

Baca juga: 5 Strategi Merekrut Gen Z Sesuai Karakteristik Kerja

Apa Fungsinya?

Melakukan performance review talenta akan memberi banyak fungsi bagi perusahaan. Setidaknya, perusahaan telah berupaya meningkatkan kualitas sdm. Beberapa fungsi lainnya meliputi: 

  • Menghindari Miskomunikasi

Evaluasi kinerja memungkinkan Anda menghubungkan karyawan dan manajer dengan lebih baik. Review akan dilakukan secara reguler dan mempertemukan manajer dengan karyawan lebih sering. Ini bisa menjadi upaya dalam menghindari miskomunikasi. 

Jika dari awal ada kesalahpahaman dan perusahaan tidak mengadakan pertemuan rutin, kesalahpahaman bisa berlarut-larut. Anda juga bisa melakukan sistem review performance dengan menghadirkan pertanyaan dan diskusi antar manajer dan karyawan.

  • Mempertahankan Tujuan Perusahaan

Identifikasi akan berbagai hal dalam pencapaian tujuan perusahaan bisa dilakukan dengan review kinerja. Ini juga bisa memberikan gambaran akan tujuan karyawan dan melacak apakah tujuan kedua pihak masih berada di satu arah.

Dengan kegiatan ini, perusahaan akan memahami lebih baik tentang kelebihan dan kelemahan karyawan, perkembangan kinerja dan bentuk pencapaian tujuan perusahaan, dan aspek lainnya.

  • Menghilangkan Tekanan

Kegiatan evaluasi kinerja akhir tahun tentu bisa menjadi proses yang menakutkan. Namun, jangan gunakan ini sebagai tekanan pada karyawan Anda. Untuk melakukannya, buat review singkat mingguan untuk mengurangi rasa tekanan tersebut.

Karyawan bisa memahami harapan perusahaan lebih baik secara perlahan dan meningkatkan kinerja mereka. Saat menjalankan pekerjaan lebih baik, tekanan akan hal-hal tidak pasti dan tidak perlu akan segera menurun. Karena karyawan pun semakin paham ke arah mana perusahaan mengharapkan mereka bekerja.

  • Membantu Seluruh Pihak

Semua orang di perusahaan memainkan peran penting, bukan hanya bagian eksekutif saja. Karena karyawan merupakan salah satu elemen sentral dari manajemen sumber daya manusia saat ini. Melakukan kegiatan evaluasi kinerja memudahkan proses evaluasi oleh berbagai pihak.

Seluruh pihak akan mendapatkan insight baru yang mungkin bisa menjadi tujuan pekerjaan baru. Tim bisa saling membantu dan mengembangkan diri. Manajer pun nantinya bisa menjadi pemimpin yang baik.

Tips Melakukan Performance Review

Beberapa tips yang bisa diterapkan perusahaan dalam menjalankan review kinerja, yaitu:

  • Menetapkan KPI

Jika Anda tidak memiliki tujuan, Anda tidak dapat mengevaluasinya dengan baik. Oleh karena itu, sangat penting untuk menetapkan KPI sebelum evaluasi. Pastikan KPI yang dibuat bersifat objektif dan terukur. 

Cara termudahnya adalah dengan menggunakan indikator angka. Misalnya, bagian penjualan harus mampu menjual 600 juta rupiah setiap bulan. Atau marketing harus bisa mendatangkan 2000 lead. Dengan demikian, tidak ada yang merasa diistimewakan ketika evaluasi dilakukan.

  • Memisahkannya dengan Review Kenaikan Gaji

Evaluasi kinerja merupakan salah satu komponen untuk menentukan kenaikan gaji. Tetapi, kedua tujuan tersebut berbeda. Penilaian kinerja tujuan utamanya adalah untuk memantau keterampilan profesional setiap karyawan, meliputi kekuatan dan kelemahan mereka. 

Sedangkan review kenaikan gaji cenderung mencakup faktor lain yang lebih luas seperti status perusahaan, tidak hanya bergantung pada kinerja karyawan. Selain itu, review kenaikan gaji  biasanya memakan waktu lebih lama.

  • Menilai Secara Objektif

Penilaian kinerja harus didasarkan pada fakta yang benar-benar terjadi. Ini berarti perusahaan membutuhkan alat untuk memastikan bahwa fakta dilaporkan adalah benar. Ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk memastikannya. 

  • Beri Feedback untuk Karyawan

Tips terakhir untuk mensukseskan review performa kerja adalah dengan memberikan feedback berupa masukan dan saran kepada karyawan. Manajer perlu memberi pandangannya akan karyawan agar mereka bisa mengembangkan diri sesuai dengan pekerjaan mereka. Selain itu, feedback ini akan lebih efektif jika dilakukan dengan pertemuan tatap muka.

Sebagai pihak perusahaan, karyawan adalah sumber daya utama. Bukan sekedar mempekerjakan, Anda harus bisa mengembangkan kemampuan dan potensi karyawan agar perusahaan juga ikut berkembang. Performance review adalah salah satu cara utama supaya seluruh pihak bisa berkembang dan maju bersama.