Mengenal Arti Dan Manfaat KPI Di Dunia Kerja
Mengenal Arti Dan Manfaat KPI Di Dunia Kerja

08 Jul 2024 09:29 128 Share

Tidak jarang ditemukan istilah KPI dalam dunia kerja, meskipun biasanya dibuat dalam konteks bisnis. Key Performance Indicators atau KPI adalah indikator penting untuk memastikan kemajuan hasil kerja yang diinginkan. KPI, juga dikenal sebagai laporan kilat yang memungkinkan manajer mendapatkan gambaran umum tentang kinerja organisasi.

Baca juga: 7 Tips Memilih Tempat Magang Mahasiswa

Apa yang Dimaksud KPI?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, KPI berisi indikator kinerja pegawai di perusahaan maupun bisnis tertentu. KPI dapat diukur dalam periode harian, mingguan, atau bulanan. KPI merupakan suatu hal yang harus selalu diperhatikan pihak manajemen untuk mengetahui perkembangan kinerja.

Jika tidak berkembang, organisasi bisa mengalami penurunan. Inilah sebab dari keharusan para pekerja untuk mencapai KPI. Berbagai departemen memiliki indikator targetnya masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan tujuan.

Manfaat KPI

Beberapa manfaat dari keberadaan KPI sebagai indikator kinerja adalah:

  • Tercapai Tujuan yang Jelas

Sasaran atau target KPI harus jelas dan strategis. Strategi yang dimaksud adalah bagaimana strategi yang  dicapai bisa sejalan dengan bagaimana suatu organisasi mengimplementasikan visi dan misinya.

  • Target Perusahaan Lebih Terukur

KPI adalah alat untuk mengukur seberapa dekat perusahaan dengan tujuan. KPI bukanlah tujuannya tapi alat ukur. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari indikator KPI, manajer dapat menentukan kemajuan organisasi atau penyebab hasil yang dicapai tidak seperti harapan awal perusahaan. Ini akan memungkinkan manajer untuk membuat strategi baru di masa depan.

  • Menyajikan Informasi

KPI merupakan indikator langsung dari kinerja perusahaan secara keseluruhan. Data real-time yang terpapar memungkinkan perusahaan untuk melakukan penyesuaian sistematis tanpa perlu perubahan besar. Beberapa perusahaan menggunakan KPI untuk mengukur seberapa baik mereka memenuhi kriteria tertentu.

  • Akses untuk Belajar

Data yang dihasilkan oleh KPI memungkinkan karyawan melakukan pembelajaran dan evaluasi penting dengan rekan satu tim dan manajer mereka. Anda juga dapat menganalisis apakah KPI yang dikonfigurasi valid dan melihat apakah indikatornya cukup masuk akal bagi tim untuk dicapai.

KPI dapat dijadikan pengambilan keputusan yang berguna karena memudahkan perusahaan dalam ukuran kinerja. Tercapainya KPI bisa berarti perkembangan perusahaan semakin baik. Pencapaiannya juga menjadi salah satu visi strategis bagi perusahaan.