4 Kendala Yang Sering Ditemukan Saat Proses Rekrutmen
4 Kendala Yang Sering Ditemukan Saat Proses Rekrutmen

03 Jul 2024 09:21 78 Share

Dalam proses menemukan karyawan berbakat yang tepat untuk posisi pekerjaan, perusahaan perlu menerapkan strategi perekrutan. Proses ini penting untuk membangun tim yang kuat dalam perusahaan. Namun, hambatan dapat mendadak timbul. Berikut beberapa kendala pada proses rekrutmen yang perlu dihindari.

Baca juga: 5 Tips Melakukan Evaluasi Kinerja Karyawan

1. Kandidat Terlalu Banyak

Seringkali jumlah pelamar pekerjaan yang diiklankan oleh suatu perusahaan sangat banyak. Bayangkan sebuah tim HRD harus melalui fase rekrutmen yang panjang untuk sejumlah besar aplikasi. 

Saat merekrut karyawan, perusahaan perlu mengembangkan strategi yang baik untuk menjalankan proses mereka secara efektif dan efisien. Berikan tenggat waktu lamaran dan kapasitas maksimum sampai lowongan ditutup.

2. Proses Terlalu Rumit

Faktanya, perusahaan diperbolehkan untuk menyaring calon karyawan melalui langkah-langkah yang ketat dan rumit, terutama jika mereka ingin menemukan orang yang tepat. Namun, jika prosesnya terlalu rumit dan panjang, tim HRD akan membutuhkan usaha dan waktu tambahan.

Sehingga pihak perusahaan harus siap menunjang kebutuhan ini. Termasuk ketersediaan waktu untuk menemukan kandidat terbaik.

3. Sedikit Kandidat yang Tepat

Ketika HRD mencari kandidat yang paling tepat dari kumpulan banyak kandidat, pilihan menjadi sangat terbatas. Bagaimanapun, HRD hanya merekrut kandidat yang paling sesuai untuk posisi tersebut. 

Hal ini mengindikasikan bahwa jumlah kandidat yang banyak dapat menjadi salah satu kendala dalam perekrutan karyawan.

4. Terpaku pada Kandidat Sebelumnya

Salah satu hambatan rekrutmen paling umum yang dihadapi banyak perusahaan adalah menemukan kandidat yang mirip dengan karyawan sebelumnya di posisi tersebut. Dengan demikian, HRD mengabaikan potensi, kreativitas, dan inovasi kandidat baru.

Ini meningkatkan kemungkinan bahwa HRD akan kehilangan kandidat yang lebih baik dari karyawan sebelumnya.

Dalam mengatasi kendala pada proses rekrutmen, ada banyak solusi yang perlu diketahui oleh perusahaan yang ingin merekrut karyawan. Saat ini, ada banyak cara untuk menyaring karyawan secara efektif dan efisien. 

Salah satunya dengan platform rekrutmen Rekrutiva. Anda bisa memilih kandidat dengan pertanyaan screening, melihat kesesuaian pelamar dan lowongan, serta penyaringan instan.