Ketahui Jenis-Jenis Struktur Dalam Perusahaan
Ketahui Jenis-Jenis Struktur Dalam Perusahaan

05 Sep 2024 09:12 73 Share

Perusahaan yang berkembang pesat tidak lepas dari struktur organisasinya. Semakin besar perusahaan, semakin kompleks struktur posisi jabatan di dalamnya. Seiring dengan berkembangnya suatu perusahaan, komponen struktur harus sudah dibentuk dengan jelas. Para pemegang posisi dan kejelasan tugas dari masing-masing jabatan akan menjadi dasar utama kemajuan organisasi.

Setelah membahas tentang Urutan Struktur Jabatan dalam Sebuah Perusahaan, kini kita akan membahas tentang jenis-jenis struktur dalam perusahaan.

  • Struktur Fungsional

Struktur organisasi fungsional adalah jenis struktur yang paling umum di dalam suatu organisasi atau perusahaan. Dalam struktur organisasi fungsional, pembagian kerja berlangsung sesuai dengan fungsi masing-masing manajer. Pada dasarnya, struktur fungsional adalah pembagian jabatan menjadi sektor-sektor atau divisi sesuai dengan fungsinya. Contohnya seperti: divisi keuangan, divisi marketing, divisi human resource, dsb.

Struktur ini memudahkan biaya dalam menekan biaya operasional dan memudahkan tim manajerial untuk mengawasi kinerja karyawan. Namun, perusahaan yang menerapkan struktur ini biasanya mengalami kesulitan komunikasi antara unit kerja karena karyawan sudah lebih terbatas dan terkelompok.

  • Struktur Divisional

Struktur ini biasa ditemukan pada perusahaan skala menengah sampai besar. Struktur divisional adalah pengelompokan divisi yang terbagi berdasarkan kesamaan produk, wilayah, layanan, atau target pasar. Penerapan struktur ini berarti perusahaan memiliki kemudahan mengelola divisi karena dapat terpecah menjadi unit kerja lebih kecil. Namun masalah alokasi sumber daya dan distribusi biaya akan menjadi tantangannya.

Baca juga: 6 Tips Mempertahankan Karyawan Potensial
  •  Struktur Lini

Dalam jenis ini, terbentuk struktur garis dimana hubungan antara atasan dan bawahan bersifat langsung atau vertikal. Rantai komando atau wewenang mengarah dari tingkat kepemimpinan tertinggi ke tingkat terendah dalam struktur organisasi hingga karyawan secara garis lurus. Oleh karena itu, jenis struktur organisasi ini disebut juga dengan struktur organisasi militer.

Keuntungan dari organisasi lini adalah bahwa pemimpin dari unit manajemen dipegang oleh satu orang. Sedangkan kelemahannya adalah cenderung hanya mengandalkan satu orang. Jenis ini sangat cocok diterapkan pada organisasi kecil seperti warung nasi, bengkel, dan pengurus RT.

  • Struktur Proyek

Struktur organisasi ini biasanya terdapat pada perusahaan yang project based. Struktur jenis ini mudah dan dapat berubah tergantung pada proyek yang sedang dikerjakan. Oleh karena itu, struktur organisasi perusahaan ini biasanya berumur pendek dan biasanya setelah proyek selesai maka struktur organisasi pun diubah lagi.

  • Struktur Gabungan (Matrix)

Struktur organisasi ini biasanya terdapat pada perusahaan besar karena semakin besar perusahaan, semakin banyak otoritas dan koordinasi yang Anda butuhkan. Ini berarti menggabungkan struktur fungsional dan divisional. Hal ini dilakukan dengan harapan perusahaan dapat berjalan dengan pembagian divisi-divisi yang saling melengkapi. Akibatnya, perusahaan bisa lebih kolaboratif.

Itu lah jenis-jenis struktur dalam perusahaan. Jika Kamu sedang aktif mencari kerja, Kamu bisa memanfaatkan job portal agar lebih efisien. Rekrutiva merupakan job portal yang memiliki berbagai fitur utama seperti filter lowongan, i-profile, dan forum profesional.