Tips Mengoptimalkan Profil Digital Pada Job Portal
Tips Mengoptimalkan Profil Digital Pada Job Portal

22 Jun 2024 15:58 85 Share

Jika Kamu sedang mencari pekerjaan di era teknologi dan informasi saat ini, Kamu tidak perlu pergi ke sana ke mari lagi. Kamu dapat melamar hanya dengan membuat profil di situs pencarian kerja dan mengajukan lamaran. 

Namun, hanya membuat profil bukan berarti Kamu akan mendapat undangan wawancara dengan mudah. Profil mu harus menarik. Berikut adalah kumpulan tips mengoptimalkan profil digital menarik di job portal.

Baca juga: Cara Menentukan Karir Yang Tepat Bagi Fresh Graduate

1. Sederhana Namun Menarik

Beberapa expert job portal menyarankan agar profil mu dibuat sesederhana mungkin karena perusahaan tak punya banyak waktu untuk mengeceknya. Meskipun begitu, profilmu tetap harus menarik perhatian dengan menampilkan kemampuan apa saja yang kamu miliki.

Kamu harus pintar menyusun kata-kata agar bisa meng-highlight kemampuan serta profesionalisme mu.

2. Masukkan Kata Kunci

Job portal selalu memiliki kolom untuk meletakkan kata kunci dari minat, skill, maupun kemampuan mu. Beberapa job portal membuat kategori sehingga lebih mudah bagimu untuk menemukan kata-kata kunci tersebut.

Kamu bisa menempatkan kata kunci yang sesuai tempat yang disediakan job portal. Misalnya, masukkan kata “marketing” jika Kamu berminat atau berpengalaman di bidang pemasaran atau tech savvy, programmer, dan sebagainya.

3. Pasang Foto Profesional

Foto yang profesional tidak harus selalu pas foto ataupun foto formal. Kamu bisa menggunakan foto casual namun rapi dengan pose yang sopan. Yang pasti, tidak disarankan untuk menggunakan foto selfie apa lagi dengan pose duck face dan filter

Foto ini berfungsi untuk membuat perekrut mengetahui cerminan karakter mu. Foto juga menjadi kelengkapan profil digital dan seperti yang kita ketahui, semakin lengkap profil mu akan semakin baik di mata rekruter.

4. Jangan Sampai Typo

Tips mengoptimalkan profil digital yang satu ini sering terlupakan. Cek ulang seluruh halaman sebelum Kamu klik simpan profil. Typo atau salah ketik akan membuat Kamu terlihat tidak serius dan tidak teliti.

Karena penyajian profil digital akan langsung dalam satu halaman, Kamu harus benar-benar teliti di bagian ini. Penting juga untuk mengecek ulang tata bahasa atau grammar dalam bahasa Inggris.

5. Buat Page Khusus Portofolio

Akan lebih merepotkan jika Kamu harus selalu memperbarui dokumen portofolio. Kini semua lebih praktis dengan satu link saja. Coba unggah seluruh portofolio mu ke suatu penyimpanan digital, misalnya Google Drive.

Kamu tinggal menyalin link folder portofolio dan letakkan di profil digital mu. Job portal kekinian harusnya sudah memiliki kolom link portofolio karena itu akan jauh lebih efektif daripada para job seekers harus memperbarui berkala dokumen portofolio mereka.

6. Cek dan Ricek

Lakukan ricek untuk menghindari kesalahan baik dari penulisan sampai kurang tepatnya pengisian kolom. Cek juga kelengkapan profil digital karena dapat mempengaruhi aplikasi mu.

Job portal yang efektif akan menyediakan standar kelengkapan profil mu. Salah satunya adalah i-profile dari Rekrutiva. Terdapat persentase kelengkapan profil, kelengkapan kolom-kolom biodata dan data pribadi job seeker, sampai kolom minat dan personalisasi lowongan.