5 Cara Mengurangi Angka Turnover Karyawan
5 Cara Mengurangi Angka Turnover Karyawan

24 Jun 2024 09:20 85 Share

Turnover adalah proses keluar dan masuknya karyawan dalam suatu perusahaan. Pergantian karyawan yang tinggi ini dapat mencerminkan pengelolaan SDM di suatu perusahaan tersebut. Apakah mereka benar-benar mempekerjakan orang dengan baik atau apakah perusahaan terlalu keras terhadap karyawannya? Hal ini tidak baik, karena dapat merugikan karyawan tersebut yang bekerja di suatu perusaaan. Berikut cara yang bisa perusahaan lakukan untuk mencegah tingginya turnover karyawan.

Baca juga: Tips Membuat Portofolio Lamaran Kerja Yang Profesional

1. Pilih Calon Karyawan Bertalenta

Pilih menyaring calon karyawan terbaik melalui psikotes dan wawancara yang relevan untuk melihat apakah mereka cocok bergabung bersama perusahaan. Analisis hasil tes dan wawancara untuk menilai dan menentukan seberapa baik mereka. 

Pastikan bahwa tim HRD memilih karyawan yang benar-benar terbaik dan memenuhi sesuai kualifikasi agar turnover tinggi bisa teratasi sejak langkah pertama.

2. Berikan Kompensasi dan Benefit

Memastikan kompensasi dan benefit yang memadai sangat penting. Perusahaan perlu menggali lagi data, memperbarui pengetahuannya tentang peraturan pekerja dan tingkat upah yang harus dibayar setiap industri. Perusahaan yang baik harus memberi karyawan benefit dan bonus yang terorganisir dengan baik sesuai kebutuhan karyawan tersebut.

3. Buat Lingkungan Kerja yang Menyenangkan

Semua pekerja pasti ingin bahagia di tempat kerja. Oleh karena itu, ciptakan suasana yang menyenangkan dan budaya kerja yang baik, tidak kaku dan menyenangka. 

Bekerja di lingkungan yang kaku atau terlalu ketat cepat membosankan dan menegangkan. Bila lingkungan yang kurang nyaman dapat membuat karyawan lebih mudah stress atau dapat memicu Turnover yang tinggi. Sedangkan lingkungan yang menyenangkan membuat karyawan lebih produktif dan betah. Selain itu juga dapat membuat karyawan lebih semangat untuk menjalankan tugas-tugas yang diberikan perusahaan.

4. Beri Reward 

Cara lain untuk mengurangi turnover karyawan adalah dengan memberikan rewards atau penghargaan kepada karyawan yang melakukan pekerjaan dengan baik. Mengakui kontribusi karyawan adalah bentuk apresiasi karyawan yang paling ampuh agar mengurangi turnover karyawan. Karyawan tentu ingin tahu bahwa mereka telah melakukan pekerjaan dengan baik. dengan membarika reward atau pun penghargaan kepada karyawan dapat memacu kinerja karyawan tersebut.

5. Jaga Komunikasi 

Pastikan perusahaan dan karyawan berkomunikasi dengan baik, terutama sehubungan dengan tujuan, peran, dan tanggung jawab masing-masing individu. Akibatnya, karyawan belajar tentang visi misi perusahaan dan merasa menjadi bagian dari mensukseskan perusahaan.

Pada dasarnya, mengurangi  turnover karyawan tergantung pada lingkungan kerja yang diberikan kepada karyawan. Perusahaan bisa menggunakan job portal untuk menyaring kandidat bertalenta. Salah satunya dengan posting loker di Rekrutiva. Job portal dengan berbagai fitur penyaringan calon karyawan untuk memudahkan employer. Dengan job portal ini mempermudah pencarian karyawan sesuai kualifikasi keinginan perusahaan.