5 Tips Menjamin Hasil Rekrutmen Online Perusahaan
5 Tips Menjamin Hasil Rekrutmen Online Perusahaan

15 Jul 2024 09:14 102 Share

Rekrutmen online merupakan proses yang sudah banyak diadopsi perusahaan untuk mencari calon karyawan baru. Rekrutmen biasanya dilakukan secara tatap muka, tetapi tidak untuk rekrutmen online. Karena dapat menghemat biaya, tenaga, dan waktu, sistem rekrutmen ini semakin populer. Sebagai perusahaan, Anda harus tetap menjamin calon karyawan. Berikut ini 5 tips menjamin hasil rekrutmen online perusahaan.

Baca juga: 5 Keuntungan Menggunakan Job Portal bagi Perusahaan

1. Pilih Platform yang Sesuai

Memilih platform yang tepat akan menentukan apakah Anda akan menyaring kandidat yang sesuai atau tidak. Selain media sosial seperti LinkedIn, Instagram, facebook, dan grup jejaring sosial, Anda juga bisa memilih website pencarian kandidat. Dengan langsung menargetkan komunitas yang terkait dengan lowongan pekerjaan, Anda dapat menjangkau kandidat yang tepat dengan mudah dan cepat.

2. Teliti dalam Hasil Assessment

Pengawasan merupakan hal terpenting yang harus diperhatikan saat memindahkan proses penilaian dari psikotes dan tes lainnya secara online. Untuk meminimalkan kemungkinan penipuan, pastikan penyedia assessment online yang Anda pilih memiliki kemampuan untuk memantau kandidat selama proses berlangsung. Dalam hal keamanan assessment online, perusahaan dapat menjamin bahwa kandidat tidak menyalin isi tes serta mencegah kemungkinan soal maupun jawaban yang hilang.

3. Background Check

Keaslian data yang diberikan oleh pelamar juga bisa menjadi masalah karena banyak resume yang dipalsukan dan tak sesuai keahlian. Untuk beberapa kasus, mungkin sulit bagi pihak perusahaan untuk menentukan kelayakan kandidat saat merekrut secara online.Pemeriksaan backgroun dapat dilakukan untuk memastikan kejujuran kandidat dan keakuratan data yang diberikan. Pemeriksaan tersebut dapat dilakukan oleh tim internal atau pihak ketiga.

4. Kenyamanan Interview

Seperti pada interview tatap muka, interview online harus mengedepankan transparansi agar kandidat nyaman dan merasa terbuka pada perusahaan. Proses yang dibuat dengan cepat juga akan meningkatkan efektivitas, selama pertanyaan yang diajukan telah mencakup seluruh kebutuhan. Pastikan interview secara online tidak memberikan ketegangan dari kandidat agar mereka bisa menjawab dan menyuarakan pendapat dengan leluasa.

5. Gunakan Tools dengan Fitur Lengkap

Kenyamanan tools yang Anda gunakan mempengaruhi efisiensi perekrutan online, karena perlu waktu untuk membiasakan dan memahaminya. Interface yang membingungkan, tidak intuitif, dan rumitnya proses pendaftaran sampai penyeleksian dapat menjadi kendala. Solusi dari masalah ini adalah memilih website pemilihan kandidat dengan fitur yang lengkap. Rekrutiva adalah salah satu job portal dengan kemudahan filter kandidat sesuai lowongan, pertanyaan screening, sampai i-profile untuk melihat sumari pelamar. 

Itu dia beberapa tips untuk menjamin hasil rekrutmen secara online. Proses tersebut memang bukan hanya sesuai tren tapi juga memberikan banyak keuntungan. Namun, menjamin kandidat yang terjaring sesuai standar kebutuhan tetaplah yang utama.