7 Tips Membangkitkan Motivasi Dan Semangat Kerja
7 Tips Membangkitkan Motivasi Dan Semangat Kerja

05 Aug 2024 09:25 87 Share

Setiap orang pasti pernah mengalami kelelahan dan kebosanan dalam bekerja. Banyaknya tugas dan tanggung jawab yang harus diselesaikan, deadline, dan tujuan yang ingin dicapai seringkali membuat jenuh. Tanpa sadar, rutinitas ini mengurangi motivasi dan semangat kerja. Tahukah Kamu bahwa ketika ini terjadi, hal itu dapat berdampak negatif pada kinerja dan membuat kemajuan karier semakin sulit? Coba lakukan tips berikut supaya Kamu bisa kembali semangat bekerja.

Baca juga: 3 Tips Menyeimbangkan Keterampilan Hard Skill dan Soft Skill

1. Atur Meja Kerja Senyaman Mungkin

Meja yang berantakan bisa mempengaruhi mood bekerja. Ingatlah bahwa waktu yang Kamu habiskan di meja kerja hampir setengah hari penuh. Jika Kamu ingin menjaga semangat, luangkan waktu  untuk membersihkan meja kerja. 

Kamu bisa juga menambah dekorasi kecil di meja seperti boneka, foto, atau poster karakter favorit. Kamu akan nyaman dan merasa lebih santai di kantor seolah-olah berada di rumah. Tetapi tetap ingat untuk mengikuti aturan kantor ya..

2. Self Reward

Banyak orang hanya fokus bekerja, bekerja, dan bekerja. Jika sampai di tahap burnout, Kamu bisa merasakan efek kemalasan dan demotivasi. Ini karena Kamu kurang menghargai diri sendiri. Memberi penghargaan akan kegigihan diri sendiri juga penting. Kamu bisa memulainya dengan melakukan hal yang Kamu suka.

Contohnya seperti melakukan hobi, bertemu teman-teman, liburan, makan-makan, dan kegiatan santai lainnya. Dengan cara ini, pikiran kembali fresh dan Kamu akan mulai bekerja dengan suasana hati yang baru.

3. Cari Hal Kecil yang Menyenangkan

Kedengarannya sepele, tapi percayalah, hal-hal kecil di sekitarmu bisa menjadi salah satu sumber kesenangan. Selain itu, cara yang satu ini membantu meningkatkan semangat kerja. Coba ingat-ingat hal kecil yang bisa Kamu syukuri dari aktivitas sehari-hari.

Baik itu lokasi kantor yang strategis dekat dengan toko jajanan yang enak, secangkir kopi panas yang selalu mengisi perut di pagi hari, lagu dari penyanyi favorit Anda yang menemani kerja, dan banyak hal kecil lain. Dengan menikmati hal kecil tersebut, mood bekerja bisa jauh lebih baik.

4. Bersosialisasi

Karyawan yang mempunyai teman di tempat kerja bisa lebih semangat dalam bekerja. Pekerjaan mereka jadi terasa lebih ringan, menyenangkan, enjoyable, dan memuaskan. Selain itu, mempunyai teman di tempat kerja bisa memupuk rasa kebersamaan, loyalitas, dan kepuasan kerja. 

Kamu jadi memiliki teman ngobrol dan melakukan aktivitas ringan selain bekerja saat di kantor, seperti mencari makan siang bersama atau mendiskusikan sesuatu bersama. Selepas jam kantor pun Kamu bisa mencari hiburan bersama seperti nonton bioskop, karaoke merayakan kesuksesan proyek atau sekadar melepas stres.

5. Mengurangi Multitasking

Tidak jarang seorang karyawan menyelesaikan pekerjaan dengan multitasking. Tetapi, mengklaim untuk melakukan banyak tugas sekaligus dapat menjadi sia-sia dan membuang waktu yang berharga. Menurut survei, ketika orang mencoba melakukan lebih dari satu aktivitas pada saat yang sama, mereka cenderung terganggu dan kualitas pekerjaan pun menurun. 

Yang penting adalah fokus menyelesaikan satu tugas pada satu waktu sebelum pindah ke tugas berikutnya. Selain itu, multitasking bisa menguras tenaga dan konsentrasi sehingga Kamu akan rawan merasa burnout.

6. Mengingat Kembali Tujuan Kerja

Ketika lelah dan jenuh mulai terasa, Kamu secara alami menjadi malas dan tidak semangat bekerja. Kamu mulai merasa sangat sulit untuk memenuhi komitmen. Pada titik ini, ingatlah tujuanmu bekerja. 

Menghasilkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bersama keluarga, membayar tagihan, merawat orang tua, mengejar impian, melakukan hobi, atau tujuan lain. Semua orang memiliki tujuan berbeda dalam bekerja. Kembali mengingatnya bisa membantu motivasi kembali bangkit.

7. Istirahat di Sela-Sela Kepenatan

Setelah menikmati teh dan sarapan sejenak, memulai hari tentu menjadi waktu yang paling tepat untuk bekerja karena pikiran yang jernih. Ketika waktu mulai berjalan, mungkin Kamu mulai penat dan ngantuk. Jangan ragu untuk melakukan istirahat singkat supaya fokus kembali jernih.

Kamu bisa jalan sedikit ke pantry untuk mengisi air minum, mencuci muka, atau keluar mencari makanan. Istirahat sejenak dari pekerjaan akan memungkinkan darah mengalir dengan lancar, dan sangat meningkatkan produktivitas.

Semangat dan motivasi kerja adalah kunci kesuksesan. Pengusaha, manajer, dan staf, semua ingin mendapatkan hasil kerja maksimal. Rutinitas yang sama tentu bisa menimbulkan rasa jenuh. Maka dari itu, Kamu harus pintar dalam mengelolanya agar tetap semangat.