Apa Saja Metode Rekrutmen Online Yang Efektif Di Tahun 2023?
Apa Saja Metode Rekrutmen Online Yang Efektif Di Tahun 2023?

01 Mar 2023 09:40 77 Share

Teknologi memainkan peran penting dalam proses rekrutmen karyawan baru. Beberapa tahun yang lalu, seorang pencari kerja harus berpindah dari satu gedung ke gedung lain hanya untuk mengajukan lamaran. Tetapi sekarang jobseeker dapat melamar secara online dari rumah mereka sendiri dan sebagian besar perusahaan juga sudah memanfaatkan metode ini. Lalu, apa saja metode rekrutmen online yang efektif diantara banyaknya model rekrutmen online?

Baca juga: Tips Ajaib Menemukan Karyawan yang Hebat di Waktu yang Tepat

 

Mengapa Harus Rekrutmen Online?

Sebelumnya, telah dibahas bagaimana rekrutmen online memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri di sini. Namun, pada dasarnya, rekrutmen online di saat ini adalah jenis rekrutmen yang paling murah, efektif, efisien, dan hemat waktu. Meskipun beberapa posisi tetap mengharuskan kandidat untuk datang dan menyelesaikan rangkaian tes, proses penyaringan berkas tetap lebih efektif dengan sistem online.

Strategi Rekrutmen Online

Strategi rekrutmen adalah hal penting yang bisa mengoptimalkan apapun metode rekrutmen Anda. Kali ini, akan dibahas strategi dari metode rekrutmen online agar pencarian karyawan di perusahaan Anda lebih memuaskan.

1. Kuatkan Online Branding

Ini adalah bagian dari strategi terkini dari sebuah company. Coba usahakan langkah ini supaya perusahaan Anda memiliki branding bagus di mata para jobseeker potensial. Anda bisa mengusahakannya baik dengan cara organik maupun berbayar. 

Internet adalah tempat pertama kandidat mencari informasi tentang lowongan pekerjaan. Pastikan mereka mendapatkan informasi yang benar langsung dari Anda. Ini juga berkaitan dengan deskripsi informasi yang harus dituliskan secara lengkap.

2. Manfaatkan Sosial Media

Media sosial dapat Anda jadikan sebagai tautan termudah untuk menyebarkan rekrutmen online. Selain LinkedIn yang berperan sebagai jejaring sosial para profesional, Anda juga bisa menggunakan Instagram, Facebook, dan Twitter untuk mendapatkan talenta potensial. Selama akun yang Anda gunakan untuk posting loker adalah akun yang terpercaya, para jobseeker terbaik bisa Anda dapatkan.

3. Manfaatkan Situs Resmi Perusahaan

Website resmi perusahaan menjadi salah satu referensi utama bagi calon kandidat untuk mengenal profil, visi, dan juga budaya perusahaan perusahaan. Website resmi perusahaan dapat menjadi saluran untuk menyampaikan informasi yang akurat. Lowongan yang Anda posting juga tidak akan diragukan sebagai penipuan karena kini jobseeker pun sudah lebih waspada dalam melamar pekerjaan online

4. Pendekatan Secara Humanis

Sekalipun perusahaan menggunakan teknologi canggih, jangan diakhiri dengan cara yang statis dan kaku karena bergantung pada robot. Sebaliknya, perusahaan harus tetap memilih dengan humanis atau manusiawi mungkin saat menyeleksi kandidat selepas dari tahap administrasi.

Tindakan ini dapat dilakukan selama proses wawancara. Sebelum memulai wawancara, sebaiknya perkenalkan diri Anda dan perusahaan secara umum, agar ada tahap bagi talenta untuk lebih mengenal perusahaan. 

5. Mengeksplor Job Portal

Portal pekerjaan biasanya menjadi titik kontak pertama bagi kandidat untuk mencari tahu loker terbaru di perusahaan, terutama bagi para fresh graduate. Itulah mengapa penting untuk mengeksplor dan posting di job portal. Carilah job portal dengan fitur paling efektif dan harga yang terjangkau.

Salah satunya adalah Rekrutiva, job portal dengan kebebasan posting loker 100% gratis tanpa batasan jumlah lowongan. Selain itu, Rekrutiva memiliki fitur Talent Hunter dimana Anda bisa mengeksplor seluruh jobseeker terdaftar dan memilih mana yang paling potensial bagi perusahaan Anda.

Itulah hal-hal dan apa saja metode rekrutmen online yang bisa Anda terapkan. Karena strategi rekrutmen online sangat umum, pastikan perusahaan Anda menggunakan metode terbaik dan paling cocok agar mendapatkan karyawan terbaik diantara yang terbaik.