Manfaat Menggunakan Sistem Rekrutmen Online Bagi Bisnis
Manfaat Menggunakan Sistem Rekrutmen Online Bagi Bisnis

12 Juli 2023 15:09 122 Share

Manfaat aplikasi HRIS berbasis cloud kini banyak diperbincangkan. Di masa pasca pandemi saat ini, manfaat menggunakan sistem rekrutmen online tetap menjadi pilihan yang sering digunakan berbagai perusahaan. Faktanya, selama 10 tahun terakhir, sistem HRIS telah bertransformasi dan merangkul teknologi cloud. Teknologi ini memungkinkan integrasi antar perangkat yang dapat dilakukan secara online. 

Lalu, manfaat apa lagi yang diperoleh oleh bisnis?

Baca juga: 5 Masalah yang Dapat Diselesaikan oleh Sistem HRIS
  • Tugas Menjadi Lebih Cepat

Dengan sistem rekrutmen online, Anda dapat melakukan berbagai hal dengan lebih mudah dan cepat. Sistem rekrutmen online membuat departemen SDM lebih sedikit waktu untuk tugas-tugas administratif, membantu memastikan keakuratan informasi karyawan, dan memfasilitasi pengelolaan informasi karyawan. 

  • Hemat Biaya

Keuntungan pertama dari aplikasi ini adalah efektivitas biayanya. Sebagai pengguna, Anda hanya membayar di awal berlangganan dan di waktu-waktu Anda ingin memperpanjang membership. Penyedia aplikasi rekrutmen berbasis cloud mengenakan biaya sesuai dengan penggunaan bisnis Anda. Perusahaan juga dapat memilih fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda. 

  • Data Terintegrasi

Sistem rekrutmen dapat membantu Anda menghubungkan informasi setiap pelamar di dalam satu platform saja. Biasanya, sistem tersebut juga dilengkapi dengan laporan dan analisis rekrutmen. Selain itu, ada pula penilaian dan audit internal, serta pemaparan data untuk kepentingan internal departemen HR. Dengan demikian, semua tugas yang biasanya dilakukan secara manual bisa lebih efisien karena sudah tersedia secara otomatis di dalam sistem. 

  • Fleksibilitas Tinggi

Manfaat berikutnya adalah fleksibilitasnya yang tinggi. Saat ini, teknologi sudah sangat maju sehingga perusahaan yang menggunakan sistem rekrutmen akan lebih baik dalam mengelola karyawan bahkan sejak tahap rekrutmen. Ketika HR menggunakan sistem rekrutmen terintegrasi, perusahaan memiliki lebih banyak fleksibilitas. 

  • Keamanan Terjamin

Manfaat lainnya adalah dapat menjamin keamanan dan privasi karyawan perusahaan Anda. Dengan sistem ini, Anda dapat melindungi data karyawan dan menjaga privasi data. Tidak seperti mengelola data karyawan di spreadsheet, data mudah diakses oleh orang yang mungkin tidak memiliki izin untuk mengaksesnya. Namun, sistem ini memungkinkan Anda untuk melindungi data karyawan perusahaan sehingga hanya individu yang berwenang yang dapat mengaksesnya. 

Banyaknya manfaat menggunakan sistem rekrutmen online harus menjadi pertimbangan bagi perusahaan Anda. Solusi tersebut bisa Anda dapatkan dengan menggunakan platform rekrutmen online dari Rekrutiva. Rekrutiva memungkinkan Anda mengelola sumber daya perusahaan dengan lebih baik bahkan sejak menyeleksi karyawan potensial untuk perusahaan Anda. 

.