5 Keuntungan Menggunakan Job Portal Bagi Perusahaan
5 Keuntungan Menggunakan Job Portal Bagi Perusahaan

12 Jul 2024 09:14 169 Share

Portal pekerjaan atau biasa disebut job portal adalah salah satu fasilitas rekrutmen yang sangat populer di era modern ini dan banyak digunakan oleh banyak perusahaan untuk mencari karyawan baru. Dengan menggunakan pihak ketiga yang memiliki penyimpanan data perusahaan sampai pelamar via cloud, job portal telah memberikan efisiensi dan fleksibilitas dalam proses rekrutmen. Lalu, apa saja keuntungan lainnya bagi perusahaan? Berikut ini 5 keuntungan menggunakan job portal bagi perusahaan !

Baca juga: 5 Tips Menyiapkan Tim Kerja Saat Hybrid Working

1. Bisa Diakses Kapan dan Dimana Saja

Keuntungan yang utama adalah situs pencarian talenta dapat diakses kapanpun dan dimanapun juga. Pengguna sistem ini dapat mengakses data selama jaringan internet tersedia. Oleh karena itu, ketika Anda menjalankan proses rekrutmen secara online, Anda tidak hanya akan memiliki akses saat di kantor saja, tetapi juga ketika Anda berada jauh dari kota untuk perjalanan bisnis, anda dapat mengaksesnya juga.

2. Status Aplikasi Otomatis

Di portal pekerjaan, sistem secara otomatis memperbarui data tentang status aplikasi kandidat. Hal ini memudahkan dalam mengelola aplikasi pelamar secara otomatis. Fitur penyaringan dalam situs tersebut membuat seleksi jauh lebih efisien. Ketika Anda menyortir kandidat, mereka juga secara otomatis akan tau update dari lamaran mereka. 

3. Efektif Waktu dan Tenaga

Dalam proses rekrutmen memang suka memakan waktu lama. Proses panjang dari langkah-langkah rekrutmen tidak jadi masalah. Dengan job portal, Anda bisa memangkas banyak waktu dan menghemat tenaga. Cukup posting lowongan di situs tersebut lalu Anda bisa memantaunya secara berkala. Penghematan ini juga bisa menekan cost dan menghabiskan waktu kerja yang lebih singkat.

4. Menjangkau Lebih Banyak Kandidat

Sistem dalam portal pekerjaan memungkinkan pencari kerja dari berbagai macam daerah dengan mudah mengakses dan mengirimkan lamaran langsung dari situs web. Hal ini juga meningkatkan peluang bahwa perusahaan akan mendapatkan kandidat terbaik dari berbagai tempat. Pelamar berpeluang besar semakin beragam seperti dari berbagai jenjang seperti  pendidikan, keterampilan, kemampuan, dan berbagai daerah.

5. Menghemat Biaya Rekrutmen

Beberapa penyedia situs memberikan tarif yang relatif murah jika menghitung hasil dari banyaknya pelamar yang mengirim aplikasi. Penyedia situs dapat memungkinkan menekan biaya rekrutmen karena dapat memanfaatkan fitur yang diberikan. Ada pula penyedia job portal yang memberikan layanan gratis seperti Rekrutiva. Dengan berbagai fitur proses seleksi dalam menemukan talenta terbaik, Rekrutiva tidak membebankan biaya saat Anda posting lowongan kerja.

Itu lah beberapa manfaat job portal bagi perusahaan. Pencarian kandidat yang berkualitas adalah langkah awal dalam menciptakan perusahaan yang maju. Maka dari itu, pilihlah cara yang paling efisien dalam mencari calon karyawan di perusahaan Anda.