5 Tips Melakukan Training Karyawan Baru
5 Tips Melakukan Training Karyawan Baru

02 Sep 2024 09:15 107 Share

Sebagai manajer atau supervisor, Anda perlu melatih setiap karyawan yang baru masuk. Pelatihan karyawan baru sendiri penting karena dapat meningkatkan citra perusahaan dan menanamkan kebiasaan awal karyawan tersebut. Dengan demikian, karyawan cenderung bertahan dan betah di perusahaan. Berikut ini tips dalam melakukan training karyawan baru yang bisa Anda terapkan.

Baca juga: 6 Tips Mempertahankan Karyawan Potensial

1. Memberikan Tugas Sesuai Jobdesk 

Sebelum Anda mulai melatih, coba beri deskripsi singkat akan jobdesk mereka. Kemudian Anda bisa memberikan tugas sesuai jobdesk tersebut. Jangan lupa dorong mereka untuk bertanya jika ada hal yang mereka kurang pahami. Banyak orang merasa lebih mudah untuk mempelajari hal-hal baru melalui praktik langsung. Dengan memberikan pelatihan tersebut, selain melatih karyawan, Anda juga bisa melihat kemampuannya sejauh apa.

2. Menyampaikan Ekspektasi

Komunikasikan harapan perusahaan saat melatih karyawan baru. Ini membantu karyawan menjadi nyaman dan memahami peran mereka. Anda juga bisa menyampaikan tujuan perusahaan. Menunjukkan pentingnya tujuan dan cara mencapainya dapat memotivasi karyawan baru untuk melakukan yang terbaik dalam pekerjaan mereka.

3. Melibatkan Karyawan Senior

Cara ini bisa memberikan dua manfaat sekaligus yaitu memberikan training terbaik dari karyawan dengan banyak pengalaman dan untuk memastikan bahwa karyawan senior tetap dihargai di tim Anda. Anda bisa melibatkannya dengan menjadikan mereka sebagai mentor bagi karyawan baru. Selain itu, pilihan ini juga meningkatkan rasa persaudaraan dan semangat tim.

4. Memberitahu Budaya Perusahaan

Pastikan untuk memberi pengetahuan tentang budaya dan lingkungan kerja selama pelatihan. Jika perusahaan Anda memiliki budaya yang selalu mengutamakan konsumen, tunjukkan lah dalam training. Dengan begitu, karyawan baru bisa memahami standar yang harus dipenuhi saat bekerja di lokasi baru mereka.

5. Meminta Feedback

Tidak ada salahnya meminta feedback dari karyawan yang Anda latih. Anda bisa menanyakan apakah mereka sudah merasa jelas dengan materi training atau tanyakan masukan lainnya agar training bisa lebih kondusif.

Memberikan training karyawan baru dilakukan untuk memastikan bahwa karyawan baru bisa bekerja dengan baik di tempat kerja dan tidak merasa “takut salah”. Kesempatan ini juga bisa membuat karyawan betah serta tidak segan berkontribusi pada pertumbuhan perusahaan.