5 Tips Mengelola Beban Kerja Yang Berat
5 Tips Mengelola Beban Kerja Yang Berat

26 Aug 2024 09:24 90 Share

Meskipun beban kerja adalah hal yang tidak bisa dihindari, akan ada situasi dimana pekerjaan terasa lebih berat. Sebagai karyawan, kemampuan mengelolanya adalah hal yang harus dikuasai agar terhindar dari burnout dan stress. Berikut beberapa tips yang bisa Kamu terapkan.

Baca juga: 5 Tips Menghindari Penipuan Lowongan Kerja

1. Berani Mengakui Kelemahan

Kebanyakan orang cenderung berpikir bahwa sebagai karyawan yang menanggung tanggung jawab, melakukan hal-hal diluar kemampuannya adalah hal yang harus segera dilakukan karena menjadi job desk-nya di kantor. Itulah sebabnya sering kali sulit bagi orang untuk menolak tugas-tugas baru. Tentu  saja, bagus untuk berani mengambil risiko, tetapi Kamu tidak perlu memaksakan diri. Ketika dihadapkan dengan banyak tugas, Kamu harus mengakui bahwa kita tidak dapat mengambil alih semuanya atau membutuhkan waktu lebih.

2. Menghilangkan Distraksi

Jika Kamu terganggu oleh hal-hal sekitar, Kamu akan kesulitan untuk kembali fokus selama kurang lebih 25 menit. Ketika waktu terdistraksi ini belum termasuk waktu istirahat, bayangkan berapa banyak waktu yang bisa terbuang dan membuatmu kewalahan di akhir. Oleh karena itu, beberapa gangguan lebih baik dihilangkan. Seperti contohnya hindari membuka media sosial di tengah pekerjaan atau nonaktifkan notifikasi beberapa aplikasi di smartphone.

3. Memperhatikan Work Life Balance

Mempertahankan keseimbangan bekerja dan istirahat mungkin sulit. Kamu harus tahu bahwa semakin banyak Kamu bekerja, semakin tinggi tingkat stress yang bisa Kamu rasakan. Maka dari itu jangan lupa luangkan waktu untuk keluarga, kehidupan sosial, dan hiburan. Keduanya harus seimbang agar Kamu bisa mengelola pekerjaanmu dengan baik.

4. Berkomunikasi dengan Rekan Kerja

Sangat wajar untuk meminta bantuan rekan kerjamu. Jadi, ketika Kamu merasa memiliki terlalu banyak porsi pekerjaan, cobalah untuk berkomunikasi dengan rekan kerja. Kamu dapat mengelola beban kerja secara kolaboratif. Selain itu, miskomunikasi juga dapat menyebabkan beban kerja yang semakin berat. Jika permasalahan ada pada pembagian kerja oleh atasan, Kamu bisa mencoba membicarakannya dengan sopan agar ada pertimbangan lain supaya bisa berkolaborasi dengan rekan lain.

5. Hindari Multitasking

Cara selanjutnya adalah dengan fokus pada satu tugas pada satu waktu. Multitasking memungkinkan Kamu menyelesaikan pekerjaan secara kuantitas tapi belum tentu berkualitas. Ini karena ketika Kamu melakukan banyak tugas, fokus mu terbagi dan melakukan semuanya sekaligus. Dengan kata lain, itu mengganggu kualitas kerja di salah satu aspek dan memberatkan pekerjaanmu selanjutnya.

Itulah beberapa tips untuk mengelola beban kerja yang berat. Jika Kamu sedang mencari pekerjaan, Kamu bisa menggunakan job portal yang sesuai dengan tren proses rekrutmen masa kini. Rekrutiva adalah job portal dengan berbagai fitur utama yang memudahkan mu menemukan pekerjaan impian mu.