5 Tips Meningkatkan Employee Engagement Di Tahun 2023
5 Tips Meningkatkan Employee Engagement Di Tahun 2023

07 Jun 2023 10:31 76 Share

Keterlibatan karyawan atau employee engagement adalah salah satu faktor terpenting dalam peningkatan produktivitas karyawan. Employee engagement di tahun 2023 ini pun memiliki pergeseran sebagaimana kini banyak perusahaan yang menerapkan model bekerja dari rumah, WFA, ataupun hybrid working. Hal tersebut sedikit banyak mempengaruhi cara meningkatkan employee engagement. Simak terus artikel ini untuk pembahasannya.

Baca juga: 5 Jenis Assessment dalam Proses Rekrutmen

Mengapa Employee Engagement Penting?

Keterlibatan karyawan merupakan komitmen emosional karyawan terhadap perusahaan dan visi dan misinya. Hubungan yang semakin baik berarti karyawan semakin peduli dengan tujuan perusahaan dan tidak hanya terpaku pada hal-hal materi dalam perusahaan saja. 

Jika setiap karyawan memiliki kesadaran akan employee engagement yang baik, perusahaan akan semakin maju karena para karyawan yang dengan sendirinya termotivasi untuk selalu memajukan perusahaan.

Pengaruh dengan Keadaan WFA/WFH

Dengan metode bekerja yang baru ini, departemen SDM suatu perusahaan membutuhkan lebih dari sekadar tunjangan jarak jauh dan happy hour untuk memotivasi karyawan. Memiliki pekerja jarak jauh membutuhkan pendekatan strategis dan komitmen jangka panjang. 

Saat perusahaan berinvestasi dalam kesuksesan jangka panjang dan keterlibatan pekerja jarak jauh, mereka harus menciptakan karyawan yang lebih bahagia dan lebih produktif tanpa bisa memperhatikan kinerja mereka secara langsung. Gunakan aktivitas retensi karyawan tambahan untuk pekerja jarak jauh untuk melibatkan mereka lebih jauh. 

Tips Meningkatkan

Beberapa tips yang bisa dilakukan perusahaan akan dibahas berikut ini.

  • Employee Resource Groups (ERGs)

Employee Resource Groups (ERGs) adalah komunitas sukarela diantara karyawan yang menyatukan karyawan dengan latar belakang yang sama atau minat yang sama. Salah satu perusahaan yang juga membangun ERG sebagai strategi retensi karyawan adalah Gojek. Dimana ERG diciptakan untuk memfasilitasi hubungan antar rekan kerja. Selain itu, didalamnya juga ada program menawarkan bantuan preventif dan suportif kepada karyawan untuk mengatasi masalah sehari-hari. 

  • Fasilitas Pengembangan Diri

Pada suatu masa tertentu, karyawan dapat mengalami kehilangan kepercayaan diri atau kehilangan motivasi kerja. Perusahaan dapat mengatasi ini dengan menawarkan peluang untuk pengembangan diri baik secara profesional maupun pribadi. Upaya yang dilakukan bisa seperti pelatihan, coaching, dan konseling oleh profesional. 

  • Fasilitas Kesehatan

Perhatikan kesehatan anggota tim Anda dan lihat apakah mereka lelah atau stres. Kesehatan individu adalah masalah sensitif bagi banyak karyawan, terutama saat menyesuaikan diri dengan kehidupan setelah Covid-19. Jika perusahaan tidak mengatasi kelelahan atau karyawan yang sakit secara terus-menerus, kinerja dan employee engagement tersendiri menurun.

  • Apresiasi Karyawan 

Karyawan akan lebih merasa dihargai ketika menerima pengakuan atau apresiasi daripada menunggu review kinerja secara formal, yang biasanya dilakukan sekali atau dua kali setahun. Untuk dapat melakukan apresiasi ini secara rutin, manajemen dapat mengatur weekly check-in mingguan dengan tim untuk menyampaikan performance appraisal.

  • Menjaga Komunikasi Antar Karyawan 

Komunikasi yang efektif adalah dasar dari keterlibatan karyawan yang kuat. Apalagi jika perusahaan Anda menggunakan metode kerja full WFH, di tengah pekerjaan jarak jauh dalam situasi yang tidak pasti. Penting untuk memastikan bahwa sarana komunikasi yang tersedia bersifat dua arah, baik dari atas ke bawah maupun sebaliknya. 

Itulah beberapa tips meningkatkan employee engagement di perusahaan. Jika Anda membutuhkan karyawan yang kompeten, gunakan juga platform pencari kandidat yang berkualitas. Rekrutiva adalah solusi yang paling tepat. Anda bisa menyaring kandidat dengan tepat menggunakan sistem ATS, e-assessment, dan e-psychotest.

.