Kepentingan Dan Tips Membangun Business Resilience Perusahaan
Kepentingan Dan Tips Membangun Business Resilience Perusahaan

24 Oct 2022 09:14 114 Share

Setiap perusahaan membutuhkan business resilience agar bisa bertahan. Business resilience adalah kemampuan perusahaan untuk beradaptasi dengan keadaan yang cepat berganti. Setelah pandemi, banyak bisnis baru menyadari pentingnya kekuatan business resilience. Berikut ini pembahasan dan tips untuk membangunnya.

Baca juga: Ingin Rebranding? Simak 5 Tips Rebranding Perusahaan Ini!

Apa Itu Business Resilience?

Seperti pemaparan sebelumnya, bisa diartikan bahwa ketahanan bisnis atau business resilience adalah kemampuan perusahaan untuk beradaptasi dengan cepatnya situasi dan kondisi, gangguan, dan bagaimana agar terus bertahan. Ketahanan bisnis berarti memperkuat ketahanan perusahaan supaya bisa bertahan dari kondisi yang tak terduga. Kondisi tersebut bisa datang dari aspek mana saja seperti pandemi, inflasi, resesi, pergeseran minat masyarakat, dsb.

Pentingnya Business Resilience

Resiko di dunia bisnis bisa datang kapan saja dari bidang mana saja. Keadaan tidak terduga seperti pandemi beberapa tahun ke belakang membuat arus bisnis berubah secara cukup ekstrem. Bahkan untuk sistem kerja yang biasanya dilakukan di kantor pun harus mengalami adaptasi dengan tren WFH atau hybrid.

Kemampuan bertahan dan cepatnya adaptasi seperti itu menjadikan business resilience aspek penting dalam perusahaan. Untuk mewujudkannya, pemimpin bisnis harus mampu mengadaptasi mindset baru dan mau mengikuti arus teknologi. Karena kini seluruh bidang bergantung pada teknologi, bisnis konvensional pun harus menerapkan IT agility agar bisa beradaptasi dengan cepat.

Tips Membangun Business Resilience

Dalam perencanaan atau planning-nya, Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut.

1. Menyusun Prioritas Pemimpin

Diawali dengan kepemimpinan yang kuat, ketahanan bisnis harus diawali dengan perencanaan pemimpin bisnis. Prioritas bisnis harus ditentukan dan pemimpin mengalokasi sumber daya, komitmen, dan cara untuk mempertahankan bisnis.

2. Membangun Budaya Perusahaan

Budaya kerja di kantor bisa menentukan ketangguhan perusahaan. Dengan budaya yang tangguh, setiap kegiatan akan berpatok pada budaya-budaya perusahaan. 

3. Kualitas Tenaga Kerja

Memilih karyawan baru adalah tantangan bagi perusahaan. Perusahaan harus mencari orang yang memiliki keterampilan, etika baik, dan bisa mengikuti karakteristik perusahaan. Hal ini cukup berat karena harus menemukan yang paling cocok. Pencarian kandidat bisa Anda lakukan dengan menggunakan job portal dari Rekrutiva.

Rekrutiva memiliki fitur penyaringan kandidat yang efisien. Penyaringan bisa Anda lakukan dari mulai pertanyaan skrining CV, mengamati i-profile, sampai monitoring waktu lamaran.

Itulah beberapa hal tentang business resilience. Ketangguhan bisnis dalam dunia yang bergerak dengan cepat merupakan hal yang harus dikuasai. Jangan sampai bisnis Anda tidak bisa beradaptasi atau bahkan tidak bisa bertahan.