Manfaat Artificial Intelligence Dalam Proses Rekrutmen
Manfaat Artificial Intelligence Dalam Proses Rekrutmen

14 Jun 2023 10:49 68 Share

Menggunakan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dalam analitik rekrutmen dapat menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi. Alih-alih menghabiskan berjam-jam waktu dalam menganalisis data secara manual, algoritma AI dapat memproses data dalam jumlah besar dengan cepat, dan memberikan wawasan yang akurat dan dapat ditindaklanjuti. Selain itu, ada beberapa manfaat Artificial Intelligence dalam proses rekrutmen.

Baca juga: Cara Kerja Sistem ATS dalam Screening CV

1. Efisiensi Waktu

Salah satu keuntungan terbesar kecerdasan buatan adalah efisiensi waktu. Contoh yang paling utama pada proses rekrutmen adalah dalam sistem ATS. Anda dapat dengan mudah menyeleksi CV dimana proses inilah yang paling memakan waktu. Algoritma dari AI memungkinkan SDM menemukan pola dan tren yang mungkin tidak langsung terlihat, sehingga menghasilkan keputusan perekrutan yang lebih baik, program pelatihan yang lebih efektif, dan retensi karyawan yang lebih baik. 

2. Akurasi Analitik 

Manfaat lain menggunakan AI dalam analitik sistem rekrutmen adalah peluang untuk mendapat hasil yang optimal. Dengan menganalisis umpan balik dan pendapat karyawan, HR dapat mengidentifikasi peluang untuk peningkatan proses rekrutmen. Selain itu, karyawan yang direkrut akan lebih kompeten.

3. Menghilangkan Bias 

Analitik berbasis AI dapat membantu perusahaan mengurangi bias dan diskriminasi dalam proses perekrutan. Algoritma AI dapat memastikan bahwa kandidat dievaluasi hanya berdasarkan kualifikasi, keterampilan, dan pengalaman mereka. Ini akan memungkinkan tempat kerja yang lebih beragam dan inklusif dengan menghilangkan bias manusia dalam pemilihan kandidat.

4. Membantu Perusahaan Lebih Kompetitif

Pada segi analitik SDM dapat membantu perusahaan tetap kompetitif dalam siklus bisnis yang berubah dengan cepat. Dengan wawasan real-time ke tren pasar dan tolok ukur industri, HR dapat dengan cepat menyesuaikan strategi untuk tetap terdepan dalam menarik talenta terbaik. Hal ini juga bisa dimanfaatkan dari segi rekrutmen. Dimana sejak awal penerimaan kandidat, perusahaan hanya menyaring kandidat berkualitas.

5. Otomatisasi Tugas Berulang 

Apakah Anda akan bosan atau tidak jika Anda melakukan tugas yang sama setiap hari? Itulah salah satu manfaat AI yang paling utama. Misalnya, fungsi filter kandidat atau notifikasi kepada kandidat. Karena proses ini harus dikerjakan berulang kali, Anda tidak perlu khawatir jika menggunakan AI.

6. Mengurangi Human Error

Pengolahan berkas lamaran dan dokumen kandidat terkadang memusingkan. Tak jarang terjadi human error atau kesalahan manusia dalam organisir tersebut. Karena sudah otomatis dan menggunakan sistem, human error bisa dihindari. 

Jika Anda menggunakan job platform terkini, manfaat Artificial Intelligence dalam proses rekrutmen adalah salah satu kelebihannya. Rekrutiva sudah didukung dengan fitur tersebut, sebagaimana proses rekrutmen dilengkapi sistem ATS, organisir proses rekrutmen, dan analitik yang akurat. 

.