Pentingnya Employee Engagement Untuk Perusahaan
Pentingnya Employee Engagement Untuk Perusahaan

15 Aug 2024 09:35 94 Share

Keterlibatan karyawan atau employee engagement memiliki peran penting di tingkat perusahaan karena berdampak pada operasi bisnis dan profitabilitas. Selain itu juga membantu para eksekutif perusahaan dalam memahami kebutuhan karyawan. Keterlibatan tersebut membantu para pemimpin lebih memahami cara untuk memimpin tim mereka dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik.

Baca juga: Ketahui Jenis Employment Separation dalam Perusahaan

Pengertian

Saat kita bekerja di sebuah perusahaan, ada istilah yang dikenal dengan istilah employee engagement. Istilah tersebut mengacu pada keterlibatan karyawan dalam perusahaan atau umumnya menggambarkan orang-orang yang berkomitmen pada pekerjaan. Atau sederhananya, karyawan terlibat dalam pekerjaan mereka bukan hanya karena mereka dibayar, tetapi karena mereka terlibat secara emosional atau sebaliknya. 

Dengan adanya pendekatan ini, Anda dapat mendorong karyawan untuk melampaui pekerjaan mereka, menghasilkan kinerja tinggi, dan memberikan kontribusi terbaik kepada perusahaan. Keterlibatan ini akan meningkatkan komitmen karyawan dalam bekerja dan keaktifan dalam setiap agenda perusahaan. 

Pentingnya Employee Engagement

Dengan sikap karyawan yang aktif, perusahaan akan mendapatkan berbagai keuntungan, diantaranya adalah:

  • Loyalitas Karyawan

Loyalitas sangat berkaitan dengan masa kerja karyawan di perusahaan. Tingkat pergantian karyawan maupun tingkat turnover karyawan bisa ditekan. Komitmen yang kurang kuat dan sikap rendah partisipasi dapat menyebabkan karyawan cepat keluar masuk. Selain merepotkan karena butuh proses rekrutmen karyawan yang terlalu sering, perusahaan juga menjadi kurang baik dalam review pekerja.

  • Meningkatkan Profit

Tujuan utama dari sebuah bisnis tentu saja adalah untuk menghasilkan dan meningkatkan keuntungan. Perusahaan dengan karyawan yang aktif terlibat dalam kegiatan kantor bisa menghasilkan pendapatan lebih banyak hingga mencapai 20%. Jika Anda dapat mempertahankan karyawan dan meningkatkan produktivitas kerja, ini otomatis akan meningkatkan layanan pelanggan, penjualan, dan keuntungan perusahaan. Manfaat jangka panjangnya tentu akan sangat menguntungkan.

  • Meningkatkan Kepuasan Karyawan

Kebahagiaan karyawan akan pekerjaannya merupakan salah satu pilar untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. Keterlibatan yang tinggi menjadi indikator bahwa karyawan senang dengan kontribusi dan pengaruh mereka. Kinerja karyawan dan kepuasan karyawan sangat berhubungan dengan tempat kerjanya. Ini juga mengarah pada kesejahteraan keseluruhan yang menguntungkan bagi perusahaan.

  • Menjamin Komitmen Karyawan

Keterikatan karyawan meningkatkan komitmen karyawan kepada perusahaan. Jumlah absensi karyawan berkurang, jumlah kesalahan kerja berkurang, dan produktivitas meningkat sepanjang tahun. Hal tersebut berkaitan pula dengan testimoni mantan karyawan dan meningkatkan branding karyawan.

  • Potensi Marketing

Karyawan dengan keaktifan dan engagement yang baik dengan perusahaan bisa secara tidak langsung melakukan marketing. Salah satu caranya termasuk memberikan info dari mulut ke mulut maupun media sosial. Karyawan adalah sumber informasi yang paling terpercaya. Sebagai representasi perusahaan, ini akan sangat bermanfaat untuk Corporate Branding.

Meningkatkan loyalitas, produktivitas, keuntungan, dan employee engagement saling memiliki keterkaitan. Maka dari itu, Anda harus mencari karyawan terbaik diantara talenta-talenta. Menggunakan job portal Rekrutiva adalah salah satu solusinya. Terdapat fitur yang memudahkan Anda dalam menyaring talenta potensial yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.