5 Tips Merekrut Sales Marketing Yang Tepat Dan Potensial
5 Tips Merekrut Sales Marketing Yang Tepat Dan Potensial

05 Aug 2023 20:10 45 Share

Sales marketing adalah posisi krusial di suatu perusahaan karena menjadi pemain penentu profit perusahaan. Strategi penjualan, pemasaran, dan penetapan sasaran yang tepat menjadi tanggung jawab seorang sales marketing. Di dunia sales, cara memasarkan dan menawarkan produk akan menentukan kesan pertama di mata konsumen. 

Baca juga: Perlu Optimasi SEO? Simak 5 Tips Berikut!

Kendala Mencari Sales Marketing

Mencari orang yang cocok untuk mengisi posisi sales marketing adalah upaya yang susah-susah-gampang. Berikut ini kendala mencari sales marketing yang sering dihadapi oleh HR.

1. Kurang Minat di Kalangan Job Seeker

Menjadi sales biasanya merupakan pilihan terakhir pencari kerja. Lebih banyak orang ingin memilih posisi back office daripada menjadi penjual dan bertemu banyak orang dengan target.

2. Berpaku pada “Sales Bisa Menjual Semua”

Di zaman sekarang, metode penjualan semakin berkembang dan memahami kebutuhan customer. Jika Anda masih mengharapkan satu sales untuk menjual semua barang dan ke seluruh karakter customer, perusahaan Anda masih belum mengikuti perkembangan zaman.

3. Kualitas Kandidat Menurun

Ketika sales terbaik memutuskan untuk keluar dari perusahaan, maka akan muncul masalah baru bagi HRD. Sebagai departemen yang memiliki misi untuk merekrut orang-orang terbaik, tentunya akan sulit untuk mendapatkan karyawan dengan skill yang dimiliki sebelumnya. Terutama untuk posisi sales marketing.

Tips Merekrut

Berikut ini adalah tips merekrut sales marketing yang bisa perusahaan terapkan.

1. Tetap Mengiklankan Lowongan 

Berkaitan dengan kendala untuk diingat bahwa tidak banyak orang yang tertarik dengan pekerjaan penjualan. Upaya untuk menjaring sales terbaik harus dilakukan dengan giat. Tetap iklankan lowongan sampai perusahaan mendapatkan pilihan terbaik.

2. Identifikasi Karakter

Untuk menemukan kandidat yang tepat untuk kebutuhan perusahaan Anda, penting untuk mengidentifikasi karakter/keterampilan yang harus dimiliki oleh sales marketing ideal. Tanpa mengidentifikasi karakter utama yang dibutuhkan bisnis Anda, ada risiko nantinya proses penjualan tidak efektif.

3. Tentukan Strategi Wawancara

Tugas atau posisi yang berbeda memerlukan strategi wawancara yang berbeda. Penting bagi seorang sales untuk menilai kemampuan beradaptasi, pemikiran cepat dan kritis, serta reaksi yang cepat dan akurat. Alih-alih melakukan wawancara seperti biasa, Anda bisa menyiapkan beberapa study case kepada kandidat.

Study case bisa berupa roleplay sebagai sales, sehingga hasilnya bisa menunjukkan cara berpikir kritis dan reaksi kandidat. Ingatlah bahwa bukan jawaban yang penting, tetapi kemampuan/metode dan pengendalian situasi oleh kandidat.

4. Ketahui Lokasi Paling Tepat Menemukan kandidat

Jika perusahaan Anda menggunakan beberapa platform untuk mencari kandidat, coba amati dimana yang paling banyak menjaring kandidat. Anda bisa memaksimalkan platform tersebut. Pencarian juga bisa dipusatkan ke lokasi tersebut agar bisa lebih fokus dalam mencari kandidat potensial.

Selain itu, staf HRD harus proaktif mencari tau dimana biasanya kandidat sales potensial mencari kerja. Anda bisa memasuki grup di aplikasi chat, bergabung di komunitas, dan berbagai cara lainnya.

5. Manfaatkan Koneksi

Tidak ada salahnya menjangkau seseorang yang Anda kenal atau rekomendasi dari kolega. Anda bisa menggunakan metode rekrutmen internal yaitu dengan referral. Nantinya, tetap jalankan rangkaian rekrutmen agar hasilnya objektif dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Jika Anda ingin mengiklankan lowongan sales marketing, gunakan job portal Rekrutiva. Posting lowongan gratis dan efektif, serta dilengkapi fitur pertanyaan screening untuk mengoptimalkan pencarian kandidat.