5 Tips Rekrutmen Yang Efisien Untuk HRD
5 Tips Rekrutmen Yang Efisien Untuk HRD

21 Jun 2024 09:22 96 Share

Proses rekrutmen adalah tugas penting bagi HRD. Menemukan kandidat terbaik untuk bergabung dengan perusahaan pun memiliki kesulitan tersendiri. Sebagai perekrut, HRD harus menciptakan rangkaian rekrutmen yang efisien. Berikut 5 tips untuk HRD dalam mencari calon pegawai.

Baca juga: Ketahui Tentang Exit Interview Sebagai Evaluasi Perusahaan

1. Evaluasi Metode Rekrutmen

Tinjau selalu proses rekrutmen yang Anda lakukan. Lihat seberapa efektifnya metode Anda, apakah dengan menggunakan portal karir, mengunggah di media sosial, atau dengan pembukaan lowongan di situs web perusahaan.

Lihat hasil rekrutmen yang Anda lakukan di masa lalu dan koreksi jika ada kesalahan. Gunakan metode paling efektif dari mulai segi biaya, kualitas para kandidat, dan administrasi lainnya. Jika masih ada kekurangan dari metode rekrutmen sebelumnya, jangan ragu untuk merundingkannya dengan tim Anda agar bisa lebih baik kedepannya.

2. Nilai Talent dengan Tepat

Hal ini memang membutuhkan kejelian agar tidak salah memilih kandidat. Pengalaman kandidat harus menjadi prioritas penilaian. Selanjutnya perhatikan juga soft skill kandidat yang tak kalah penting.

Di masa kini, media sosial juga bisa menjadi salah satu metode dalam mengamati kandidat. Selain perilaku kandidat, bisa juga Anda menilai bagaimana gaya bahasanya saat membuat status atau untuk posisi terkait desain, mungkin kandidat sering mengunggah hasil karyanya di media sosial.

3. Bangun Employer Branding

Salah satu strategi rekrutmen yang paling efektif untuk menarik kandidat dapat dimulai dengan membangun employer branding yang kuat. Studi menunjukkan bahwa perusahaan dengan employer branding yang baik dapat meningkatkan jumlah pelamar yang memenuhi syarat hingga 50%. 

Cara ini sangat efektif, tetapi agak sulit karena membutuhkan banyak waktu dan modal. Mulailah membangun branding perusahaan Anda dengan menganalisis keunikan perusahaan, keunggulan dan merancang visi yang sejalan dengan nilai-nilai perusahaan. Anda juga bisa memulainya dari kelengkapan sosial media dan situs web perusahaan.

4. Buat Deskripsi Pekerjaan yang Menarik

Kemampuan merancang deskripsi pekerjaan juga Anda butuhkan. Anda bisa meminta rekan kerja Anda yang memiliki kemampuan dalam hal ini. Dengan deskripsi yang menarik, Anda bisa merepresentasikan warna dan nilai-nilai perusahaan.

Deskripsi pekerjaan juga harus ringkas namun padat, serta melampirkan informasi secara detail. Kandidat cenderung akan tertarik dengan deskripsi pekerjaan yang kreatif. Informasi yang lengkap juga bisa menyaring kandidat lebih baik, karena mereka bisa lebih tahu kecocokan diri mereka dengan posisi yang dilamar.

5. Jangan Ragu Melakukan Rekrutmen Virtual

Proses rekrutmen virtual sangat efektif dalam menghemat waktu dan tenaga Anda. Memang terdapat sedikit kesulitan dalam menilai secara langsung, namun hal tersebut tidak akan membuat Anda kesulitan menemukan kandidat terbaik.

Strategi virtual akan membuat Anda lebih banyak menjangkau kandidat dan proses yang lebih mudah. Di masa kini, khususnya setelah dampak pandemi, metode rekrutmen virtual sudah sangat umum dan terbukti meningkatkan efisiensi rekrutmen.

                    Baca juga: 5 Pentingnya Portofolio Untuk Posisi Programmer

Berangkat dari tips HRD rekrutmen ini, Anda dapat menggunakan cara paling efisien untuk mendapatkan karyawan yang tepat. Cara tersebut adalah dengan menggunakan platform rekrutmen Rekrutiva. Anda bisa memanfaatkan fitur Auto Screening, Talent Hunter, integrasi dengan ATS, dan seluruh fitur lengkap lainnya.