6 Tips Mempertahankan Karyawan Potensial
6 Tips Mempertahankan Karyawan Potensial

29 Aug 2024 09:14 91 Share

Memiliki karyawan potensial tidak cuma ditemukan melalui rekrutmen, namun mempertahankan karyawan lama. Perusahaan pasti tidak mau kehilangan karyawan terbaiknya. Oleh karena itu, diperlukan berbagai strategi untuk mempertahankan karyawan potensial.

Baca juga: Ketahui Tentang Employee Satisfaction dan Pentingnya untuk Perusahaan

Ciri-Ciri Karyawan Potensial

Beberapa ciri dari karyawan potensial yang pantas dipertahankan perusahaan adalah:

  • Bersikap jujur
  • Mudah beradaptasi dengan kultur perusahaan
  • Dapat bekerja tim
  • Bertanggung jawab
  • Bersikap profesional
  • Menjaga komitmen perusahaan
  • Memiliki etos kerja yang baik

Tips dan Strategi

Beberapa tips yang bisa perusahaan terapkan agar karyawan potensial tetap bertahan di perusahaan, yaitu:

1. Membenahi Manajemen Perusahaan

Gangguan tata kelola perusahaan menjadi salah satu alasan karyawan ingin pindah kantor yang sering ditemukan. Nah, ada baiknya untuk memulai strategi perusahaan dengan mengatur dan meningkatkan manajemen perusahaan. Coba minta pendapat karyawan untuk menjadi pertimbangan pembuatan peraturan. Jika perusahaan ingin membuat peraturan baru, Anda bisa melakukan survei terlebih dahulu.

2. Fokus pada Pengembangan Karir Karyawan

Jenjang karir adalah salah satu faktor terpenting yang membuat karyawan semangat bekerja. Jika perusahaan bisa menjamin pengembangan karir yang baik, mereka bisa bertahan di perusahaan Anda. Sangat memungkinkan bagi karyawan yang potensial untuk terus mendobrak dirinya agar terus memberikan kontribusi terbaik untuk perusahaan.

3. Peninjauan Gaji dan Kompensasi

Peninjauan gaji harus dilakukan secara rutin untuk memenuhi keadilan para karyawan. Gaji yang kompetitif adalah hal yang dibutuhkan oleh karyawan. Selain itu, kompensasi sesuai kinerja karyawan perlu Anda perhatikan dengan baik supaya karyawan tetap merasa disejahterakan.

4. Mengutamakan Work Life Balance

Istilah ini berarti keseimbangan antara kehidupan kerja dan diluar kerja bagi para karyawan. Perusahaan harus bisa meninjau tugas karyawan dan menyesuaikan beban kerja dengan kemampuan/posisi. Mengurangi aktivitas kantor yang tidak perlu juga merupakan salah satu strategi yang baik.

5. Mengapresiasi Karyawan

Karyawan pasti akan menghargai apresiasi dari perusahaan akan kinerjanya. Dari apresiasi berbentuk pujian hingga bonus tahunan. Apresiasi memungkinkan karyawan untuk menerima pengakuan atas kerja keras mereka. Jangan biarkan karyawan merasa seperti kehabisan tenaga dan pikiran tanpa merasa dihargai. 

6. Memberikan Promosi

Perusahaan dapat melihat karyawan mana yang berkinerja baik dan mana yang perlu ditingkatkan. Secara alami, karyawan potensial layak mendapatkan promosi, kenaikan gaji, atau setidaknya rekomendasi. Selain itu, perusahaan harus fokus pada karyawan yang telah bekerja dalam jangka waktu panjang.

Mempertahankan karyawan potensial diawali dengan mencari talenta terbaik saat pembukaan lowongan kerja. Job portal adalah salah satu platform yang bisa menyaring talenta terbaik dari ribuan pelamar kerja. Rekrutiva merupakan situs pencari talenta dengan fitur skrining lamaran, profil digital, sampai monitoring lamaran yang praktis.